Cara Bayar Pajak Motor Secara Online Dengan Mudah

oleh

Cara Bayar Pajak Motor Online » Sebagai warga negara yang baik, Kita harus selalu membayar pajak, Termasuk pajak sepeda motor yang kita miliki, Pasalnya itu adalah kewajiban yang harus di penuhi bagi setiap masyarakat indonesia.

Biasanya seseorang tidak membayar pajak bukan karena mereka tidak ingin membayar ataupun tidak memiliki uang, Namun kebanyakan mereka malas mengantri karena ada kesibukan lainya. Hal inilah yang menjadi faktor utama kenapa sampai saat ini masih ada orang yang tidak membayar pajak sepeda motor mereka.

Sepertinya hal tersebut sebentar lagi sudah tidak lagi menjadi alasan tidak membayar pajak, Karena saat ini kamu sudah bisa melakukan pembayaran bajak sepeda motor yang kamu miliki secara online.

Bayar Pajak Motor Online dengan E-Samsat

Bayar Pajak Motor Online di Jawa BaratPajak sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi indonesia, Jika kamu tidak membayar pajak itu sama artinya kamu tidak memiliki rasa nasionalisme untuk membangun bangsa indonesia. Selain itu jika kamu tidak mebayar pajak kamu akan mendapatkan sanksi dengan hukuman yang sesuai dengan yang ada di perundang-undangan pajak indonesia.

Jika dulu kita ingin mebayar pajak harus datang di tempat pembayaran pajak, maka sekarang kamu sudah bisa membayarnya dengan secara online tanpa harus datang ke Samsat.

Demi memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran pajak Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atau yang biasa kita sebut Samsat kini sudah memberikan layanan pajak dengan mudah dengan menggunakan E-Samsat

Jawa Barat adalah salah satu contoh yang sudah menerapkan E-Samsat bekerja sama dengan beberapa bank semisal Bank BJB, Bank BNI, Bank BCA dan Bank BRI). Berikut ini tahapan alias langkah demi langkah pembayaran STNK melalui E-Samsat provinsi Jawa Barat:

Cara Bayar Pajak Motor Online di Jawa Barat

1. Kirim SMS Pembayaran

Untuk melakukan Pembayaran Pajak Motor Online kamu harus mengirim pesan SMS dengan format ESAMSAT(spasi)Nomor Rangka(spasi)NIK/KTP lalu kirimkan ke nomor 0811 211 9211

2. Cek Info dan Tunggu Bukti Bayar

Jika kamu sudah mengirim SMS dengan format yang benar, Kamu hanya perlu menunggu beberapa saat sampai kamu mendapatkan balasan yang berisi kode pembayaran, data kendaraan dan jumlah tagihan kamu.

3. Bayar Lewat ATM atau Mobile Banking

Jika kamu sudah mendapatkan balasan SMS dari Operator E-Samsat. Selanjutnya kamu harus melakukan pembayaran melalui bank-bank ataupun Mobile Bangking atau Internet Bangking. dengan cara sebagai berikut.

  • Pembayaran Lewat ATM.
  • Masukkan kartu.
  • Pilih Menu Lainnya
  • Pilih Pajak/Retribusi Provinsi Jawa Barat
  • Pilih Pajak Kendaraan Lalu
  • Masukkan kode pembayaran yang kamu terima di SMS balasan. dan jangan lupa bayar sesuai dengan Nominal yang tertera di SMS.

4. Tukar Struk dengan SKPD

Jika semuanya sudah selesai, Silahkan tukarkan Struk dengan SKPD di kantor Samsat terdekat. Ingat, struk pembayaran tadi hanya berlaku untuk 14 hari. Alangkah baiknya kalau kamu segera menukarkan struk dengan SKPD.

Buat Kamu Yang Tinggal di DKI Jakarta dan Daerah Jawa Timur Silahkan Baca Pada Halaman Selanjutnya!