Cara Root dan Instal TWRP Recovery Xiaomi Redmi 4X (Santoni)

oleh

Cara Root dan Instal TWRP Recovery Xiaomi Redmi 4X » Xiaomi redmi 4X merupakan produk xiaomi terbaru yang launching pada tanggal 05 April 2017 yang dihadiri oleh ratusan MIFans dari berbagai macam daerah.

Bagi pengguna xiaomi sejati rasanya tidak lengkap jika tidak me-root ponsel mereka, karena dengan root kita lebih bisa lebih leluasa dalam memodifikasi ponsel xiaomi kita, Seperti mengganti custom rom.

Min Ngomong-Ngomong Apa Sih root Itu ?

Root Adalah

Proses modifikasi sistem operasi Android sehingga pengguna memiliki akses dan control penuh terhadap sistem Android. Jika ponsel kita sudah di root, kita mendapatakan “superuser” yang mana akun adminisrator tersebut membuat pengguna tersebut dapat mengkustomisasi sistem yang tidak dapat dilakukan oleh user biasa.

Katanya Melakukan Rooting Itu Bisa Menghilangkan Garansi Ya Min ?

Melakukan Rooting pada dasarnya bisa menghanguskan garansi yang ada di smartphone kamu, namun hal tersebut tidak berguna di xiaomi, karena xiaomi telah memberikan izin penuh kepada pengguanya untuk melakukan rooting pada ponsel xiaomi mereka tanpa harus takut kehilangan garansi ponsel. Selama masa garansi masih berlaku, pihak Xiaomi akan menerima klaim garansi.

Sebelum kalian melakukan rooting device Xiaomi Redmi 4X, Kamu harus terlebih dahulu menginstal TWRP Xiaomi Redmi 4X. Simak benar-benar tutorialnya dibawah ini.

NOTE : Cara ini berlaku bagi perangkat yang sudah unlock bootloader. Untuk Tutorialnya Silahkan Baca Artikel Kamu Yang Ini “Panduan Cara Unlock Bootloader Semua Tipe Xiaomi“.

Cara Root dan Instal TWRP Recovery Xiaomi Redmi 4X

Cara Root dan Instal TWRP Recovery Xiaomi Redmi 4X
Cara Root dan Instal TWRP Recovery Xiaomi Redmi 4X

Di dalam paket ZIP (Update-Supersu.zip) yang telah dikembangkan oleh Chainfire, terdapat semua file yang dibutuhkan untuk rooting device Xiaomi. Ada file binarisu, busybox, su maupun aplikasi untuk interface superuser yaitu Superuser.apk. Terdapat juga juga scripts seperti sh untuk dijalankan menggunakan recovery. Kemudian Anda tinggal mengcopy file ZIP tadi ke system dan xbin perangkat Xiaomi Anda.

Nah, File tersebut hanya dapat Anda install melalui custom recovery seperti TWRP. Jadi Anda wajib menginstall TWRP Recovery Redmi 4X terlebih dahulu.

Bahan-Bahan Instal TWRP Xiaomi redmi 4X

  1. Komputer/PC/Laptop dengan OS Windows
  2. Kabel USB (Gunakan Originalnya Xiaomi Redmi 4X jika Ada)
  3. Download File TWRP Xiaomi Official di Halaman Ini atau TWRP Unofficial di Halaman Ini
  4. Download ADB Installer
  5. Download Juga Xiaomi USB Driver Xiaomi
  6. Download SuperSU v2.82 by Chainfire.

Setelah mendownload dan mempersiapkan bahan-bahan, silahkan aktifkan OEM Unlock dengan cara mengaktifkan Developer Option terlebih dahulu, Adapun caranya simak tutorial singkat dibawah ini.

  1. Masuk Ke Menu.
  2. Pilih Menu Setting/Pengaturan.
  3. Kemudian pilih About Phone/Tentang Ponsel.
  4. Tekan miui version sampai muncul warning bahwa Anda sudah dalam mode pengembang atau developers mode.
  5. Kembali kehalaman pertama setting/pengaturan.
  6. Pilih menu Additional Setting.
  7. Pilih Developers Options lalu aktifkan USB debugging dan OEM Unlock.

Jika semua sudah kamu lakukan silahkan ikuti tutorial dibawah ini untuk menginstal TWRP Xiaomi Redmi 4X

Cara Memasang TWRP Xiaomi Redmi 4X (Santoni)

  1. Pertama Rename file TWRP Xiaomi Redmi 4X yang sudah kamu download tadi dari file img menjadi twrp.img. Kemudian pindahkan file ke directory c:/adb.
  2. Instal USB Driver Xiaomi di komputer yang kamu gunakan.
  3. kemudian install ADB Installer. Ini berguna sebagai fastboot command dan masuk fastboot mode secara otomatis.
  4. Kemudian pindahkan file SuperSU v2.82 ke SDcard Anda.
  5. Pastikan Redmi 4X kamu memiliki daya baterai minimal 50% (100% Lebih baik, Untuk menganti sipasi supaya tidak kehabisan baterai saat melakukan rooting dan instal TWRP)
  6. Langkah berikutnya, Matikan Xiaomi Redmi 4X kamu
  7. Kemudian masuk ke Fastboot Mode dengan Cara: menekan dan menahan tombol volume (-) dan power secara bersamaan.
  8. Jika device kita sudah masuk kedalam mode fastboot, hubungkan device menggunakan kabel data yang sudah di persiapkan.
  9. Kemudian, di folder twrp.img tadi tahan tombol shift dan klik kanan, lalu pilih open command window here.Cara Root dan Instal TWRP Recovery Xiaomi Redmi 4X
  10. Cek perangkat kita di cmd windows dengan cara mengetikan perintah fastboot devicesCara Root dan Instal TWRP Recovery Xiaomi Redmi 4X
  11. Lalu untuk menginstall TWRP ketik perintah fastboot flash recovery twrp.imgCara Root dan Instal TWRP Recovery Xiaomi Redmi 4X
  12. Selesai.

Sampai kelangkah ini device Xiaomi Redmi 4X kamu sudah terinstal TWRP, Selanjutnya kita akan melakukan rooting dengan cara sebagai berikut.

Cara Root Xiaomi Redmi 4X (Santoni)

  1. Masuk ke TWRP Recovery dengan cara tekan dan tahan tombol Volume Up + Power sampai muncul logo Mi.
  2. Jika device tidak mau masuk ke Custom Recovery, ketik perintah adb reboot recovery
  3. Jika Anda sudah berhasil masuk ke TWRP Recovery, pilih menu InstallCara Root dan Instal TWRP Recovery Xiaomi Redmi 4X
  4. Pilih UPDATE-SuperSU.zip
  5. Selanjutnya Swipe to confirm Flash,
  6. Kemudian tunggu hingga proses rooting selesai.Cara Root dan Instal TWRP Recovery Xiaomi Redmi 4X
  7. Setelah selesai, pilih Reboot to System
  8. Selesai.

Sampai Langkah Ini Smartphone Xiaomi Redmi 4X kamu sudah terinstal TWRP Recovery dan juga sudah di root. Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini kemedia sosial yang kamu miliki. Supaya teman-teman yang ingin melakukan rooting dan instal TWRP bisa terbantu. Terimaksih telah membaca artikel Cara Root dan Instal TWRP Recovery Xiaomi Redmi 4X.