Cara Flashing Xiaomi Redmi 5A (Riva) Bootloop Via Fasboot

oleh

Flashing Xiaomi Redmi 5A » Xiaomi Redmi 5A merupakan smartphone android yang paling laris manis dipasaran pada saat ini, Selain karena memiliki harga yang murah, Xiaomi Redmi 5A juga memiliki spesifikasi yang paling tinggi dikelasnya. Jadi sangat cocok untuk masyarakat kelas menengah kebawah.Flashing Xiaomi Redmi 5A

Namun seiring berjalanan wakru mungkin ada beberapa masalah yang di temui pada smartphone ini, entah masalah yang secara sengaja ataupun tidak sengaja. Salah satu masalah yang paling banyak di alami adalah masalah bootloop.

Bootlopp sendiri yaitu dimana smartphone kamu tidak bisa masuk kedalam halaman menu, namun hanya mentok sampai logo saja. Nah jika kamu mengalami masalah tersebut, kamu bisa menggunakan Cara Flashing Xiaomi Redmi 5A (Riva) Bootloop Via Fasboot ini untuk mengatasinya.

Cara Flashing Xiaomi Redmi 5A (Riva)

Panduan ini tidak hanya bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah Bootlopp saja, Namun bisa juga di gunakan untuk mengatasi masalah Lupa Pola atau masalah system lainya yang ada di smarphone Xiaomi Redmi 5A.

“Informasi saja, Kalau sebelumnya menggunakan panduan ini, Kamu harus terlebih dahulu melakukan unlock bootloader”

Artikel: Cara Unlock Bootloader Semua Smartphone Xiaomi

Lalu, bagaimana cara mengecek sudah UBL atau belum jika perangkat sudah dalam kondisi bootloop atau mati?

Jika masih dalam kondisi bootloader yang terkunci, bisa dipastikan nanti proses flashing akan gagal. Untuk itu kita harus mengeceknya terlebih dahulu untuk nantinya bisa menentukan metode flashing yang tepat.

Jika perangkat dalam kondisi bootloop, buka jendela CMD dengan cara tekan SHIFT+klik kanan pilih open command window here pada folder ADB. Pastikan driver sudah terinstall di komputer Anda.

Kemudian matikan perangkat, lalu masuk ke mode Fastboot terlebih dahulu dengan menekan tombol power dan volume bawah. Selanjutnya sambungkan perangkat ke PC Anda menggunakan kabel USB.

Setelah tersambung, ketikan perintah fastboot devices untuk memastikan perangkat sudah terbaca oleh komputer atau tidak.

Jika perangkat sudah terbaca, ketikkan perintah fastboot oem device-info untuk melihat info perangkat

Flashing Xiaomi Redmi 5ALihatlah gambar diatas, disana akan tampak informasi apakah perangkat tersebut bootloadernya terkunci atau tidak.

Nah, jika sudah mengetahui status bootloader perangkat, kini selanjutnya saya akan menjelaskan langkah-langkah flashing Xiaomi Redmi 5A.

Panduan Flashing Xiaomi Redmi 5A

Selain digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah seperti bootloop, Lupa Pola, dan masalah lainnya, Kamu bisa menggunakan panduan ini untuk merubah ROM, misalnya dari ROM China ke Global, atau pindah dari ROM Stable ke developer, maupun sebaliknya.

Untuk meminimalisir kerusakan yang lebih parah, Pastikan kamu memahami artikel ini dengan benar, Selain itu HP kamu harus memiliki isi daya minimal 50% untuk berjaga-jaga supoaya HP tidak mati di tengah-tengah di saat melakukan flashing.

Persiapan:

Sebelum melakukan flashing ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu.

  • Komputer/PC/Laptop Sebagai Alat Flashing.
  • Kabel data Yang Original Bawaan Xiaomi Redmi 5A.
  • FastBoot ROM Xiaomi Redmi 5A MIUI 9Download disini. Ektrak file .tgz/tar kemudian letakkan hasil ektrak di Drive C.
  • Driver : Dowload Xiaomi USB Driver kemudian install pada PC Anda.
  • MiFlash 2017. Download disini, ektrak kemudian install. Jika pada saat instalasi muncul peringatan Windows Security,” Windows can’t verify “ , lanjutkan dengan memilih “Install this driver software anyway”.

Langkah-Langkah Flashing Xiaomi Redmi 5A (Riva)

  1. Pertama, matikan perangkat kemudian masuk ke fastboot mode. Caranya, tekan tombol Volume Bawah+Power secara bersamaan hingga muncul logo fastboot.
  2. Selanjutnya jalankan aplikasi MiFlash Tool.Flashing Xiaomi Redmi 5A
  3. Setealah itu sambungkan perangkat ke PC/Laptop menggunakan kabel USB.
  4. Klik refresh pada MiFlash. Jika perangkat sudah terdeteksi, akan muncul kombinasi huruf dan angka pada device.Flashing Xiaomi Redmi 5A
  5. Langkah berikutnya, klik Select dan pilih folder tempat Anda menyimpan ROM yang sudah di ekstrak tadi, lalu klik OK.
  6. Pilih opsi Clean All pada bagian bawah Mi Flash untuk menghindari jika terdapat bugs. Kemudian, klik Flash untuk memulai proses flashing.
  7. Jika sudah muncul status : “Flash Done” atau “Success“, hal itu berarti proses flashing sudah selesai dan berhasil di jalankan.
  8. Lepaskan perangkat dari kabel USB lalu coba nyalakan perangkat.
  9. Selesai!

Nah itulan panduan mudah Cara Flashing Xiaomi Redmi 5A Bootloop Via Fastboot, Jika kamu suka dengan tulisan saya ini, Share donk artikel ini kemedia sosial teman-teman.