Perbedaan ROM Xiaomi MIUI Stable/Developer China, Global Dan Distributor

oleh

Perbedaan ROM Xiaomi MIUI Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana antara Rom Xiaomi MIUI China dan MIUI Global. Saya sering sekali mendapatkan pertanyaan dari instagram ataupun facebook. Pertanyaanya : Bagus Mana Sih Bang Rom Stable atau Rom Developer ?

MIUI adalah custom Rom pihak ke tiga yang di kembangkan oleh xiaomi Tech dari negara tirai bambu china, Jika kamu masih belum tau apa itu MIUI, MIUI adalah sebuat customrom yang dimiliki xiaomi dan tidak di miliki produk vendor lain, Karena pada dasarnya setiap vendor smartphone pasti meiliki yang namanya Rom, Seperti :

  1. TouchWiz milik samsung
  2. IOS milik Apple
  3. Collor OS milik Oppo
  4. dan MIUI milik Xiaomi

Jadi setiap vendor smartphone pasti memiliki rom tersendiri, bahkan udah banyak orang awam yang sudah bisa membuat atau memodifikasi rom bawaan vendor.

Oke langsung saja kita ke topic pembicaraan Perbedaan Rom Xiaomi MIUI Stable/Developer China, Global dan Distributor.

NOTE : Perlu kamu ketahui bahwasanya xiaomi menghadirkan beberapa jenis ROM, Yaitu :

  1. Stable Rom : China dan Global
  2. Developer Rom : China dan Global
  3. ROM DISTRIBUTOR
  • ROM DISTRIBUTOR Sebenarnya rom resmi dari pihak xiaomi, akan tetapi rom jenis ini sudah di modifikasi oleh distributornya, karena alasan kepentingan pribadi, Jadi jika kamu beli ponsel Xiaomi menggunakan rom distributor maka ajan muncul beberapa aplikasi, aplikasi tersebut adalah aplikasi yang sudah di pasang oleh pihak developer.  Aplikasi-aplikasi yang di pasang distributor biasanya aplikasi aplikasi yang aneh dan mengganggu.

Ciri Ciri ROM Distributor

  1. Versi ROM MIUInya bisanya lebih banyak angkanya contohnya : v7.19.0.0.0
  2. Tak pernah Update ROM
  3. Dan banyak aplikasi aneh
  • ROM STABLE Rom ini adalah rom resmi yang di buat oleh pengembang MIUI resmi, Sangat saya rekomendasikan untuk memakai rom ini, Selain karena minim / tidak ada Bugs, Rom versi Stable juga tidak blotware dan akan terupdate jika ada update versi terbaru. ROM STABLE ada 2 jenis:
  1. Stable China
  2. dan, Stable Global

Perbedaan ROM STABLE CHINA dan GLOBAL

  1. Rom China tidak ada apps google playstore dan aplikasi aplikasi milik google lainya. sedangkan di Rom stable global ada.
  2. Tidak ada bahasa indonesia, dan hanya ada bahasa inggris dan china, Sedangkan pada rom stable global tersedia berbagai macam bahasa, salah satunya bahasa indonesia.
  3. Rom versi china lebih setabil di bandingkan rom versi global.
  • ROM DEVELOPER

Rom ini juga di kembangkan oleh developer resmi MIUI, Jika kamu suka dengan fitur” menarik, kamu bisa menggunakan rom ini, karena rom ini sangatlah banyk fitu dan paling sering update, bahkan bisa 1 kali perminggu. Rom Developer ini ada dua versi yaitu :

  1. Developer China
  2. dan, Developer Global

Perbedaan ROM Developer China dan Global

  1. Versi MIUI nya di awali dengan angka 6.x.x.x
  2. tidak ada bahasa Indo jika di ROM China
  3. dan, Ada bahasa indo di rom global
  4. Update ruting perminggu
  5. Banyak fitur lainya.

Saran Dari Saya

Pilihlah ROM sesuai dengan kebutuhan kamu, Jika kamu ingin fitur yang banyak pilihlah rom Developer, jika kamu tidak pengen ribet pilih saja rom stable, pokonya setiap Rom MIUI pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Terimakasih telah membaca artikel Perbedaan ROM Xiaomi MIUI Stable/Developer China, Global Dan Distributor