Tanda-Tanda Smartphone Android Terkena Virus dan Solusinya

oleh

Smartphone android memang saat ini menjadi salah satu ponsel terpopuler didunia, Hampir semua orang saat ini memiliki smartphone berbasis android, bahkan tidak jarang satu orang memiliki lebih dari satu smartphone, hal itu terjadi karena banyak vendor ponsel yang berlomba lomba membuat ponsel android dan memberikan fitur fitur menarik pada setiap smartphone yang mereka buat.

Banyak hal-hal penting yang bisa kita lakukan dengan smartphone android, seperti menyimpan data, melakukan transfer uang, dan yang paling sering kita gunakan untuk menyimpan foto-foto selfie kita yang sok imut and manja itu.

Dan saking banyaknya pengguna ponsel android memancing penjahat untuk menyebarkan virus-virus pada ponsel berbasis android. Bahkan 55 Persen penjahat cyber menarget pengguna android. Tapi tenang, karena agenponsel akan memberikan artikel Tanda Tanda Smartphone Android Terkena Virus Beserta Solusinya.

Tanda-Tanda Smartphone Android Terkena Virus 

1. Batrai Smartphone Cepat Habis

Banyak pengguna android yang merasa bahwa smartphone mereka mengalami kerusakan pada baterainya atau bahasa kerenya Baterai Ngedrop hehe, padahal batrai boros bukan berarti baterainya yang rusak. bisa jadi smartphone anda sedang terkena virus yang tidak anda ketahui.

Cara mengetahui apakah baterai boros karena kerusakan baterai atau gara-gara terkena virus adalah.

  • Coba cek apakah ada aplikasi yang tidak kamu pasang tetapi tiba-tiba muncul di smartphone android kamu ? Jika ada saya sarankan hapus aplikasi tersebut.
  • Coba lihat pada daftar aplikasi berjalan, apakah ada aplikasi yang tidak kamu buka tetapi aplikasi tersebut ada di daftar aplikasi berjalan ? jika anda kami sarankan klik Paksa Berhenti.

2. Booting Smartphone Android Lama

Salah satu ciri ciri smartphone yang terkena virus adalah waktu booting / menyalakan smartphone lama, tetapi hal ini tidak bisa anda jadikan patokan karena ada dua kemungkinan kenapa booting smartphone anda lama.

  • Karena Terkena Virus Malware
  • dan bisa jadi karena RAM dan Memori internal kamu penuh / rendah

Jika anda rasa RAM dan Memori internal kamu masih banyak berarti smartphone anda terkena virus yang mengakibatkan smartphone anda booting lama, cara mengatasinya cukup mudah, silahkan anda lakukan Factory Reset.

3. Smartphone Android Lemot

Apakah smartphone android anda lelet / lemot ? ini juga termasuk ciri-ciri smartphone android yang terkena virus yang mengakibatkan performa smartphone menjadi menurun bahkan jika sudah parah bisa mengakibatkan hang.

Solusi yang bisa kamu lakukan adalah anda bisa melakukan Clear Cache. dengan cara :

  • Setting
  • Storage  cara-menghapus-cache
  • Internal Shared Storage
  • Cached Data cara-clear-cache-di-android
  • kemudian klik Ok untuk konfirmasi

apa itu clear cache ? clear cache ialah beberapa file aplikasi / situs web yang di simpan didalam memori internal smartphone anda yang bertujuan untuk mempercepat loading saat kamu membuka aplikasi / situs web itu lagi.

4. Munculnya Iklan Pop-up

Tanda tanda smartphone yang terkena virus yang kelima adalah munculnya iklan Pop-up pada smartphone android kita. sebenarnya bukan hanya iklan Pop-up saja, semua jenis iklan yang muncul di smartphone kamu itu bisa jadi adalah virus, tetapi perlu di ingat jika kamu menemukan iklan pada saat kamu membuka aplikasi / game, iklan tersebut bukanlah virus dan hal yang wajar.

Tetapi jika kamu menemukan iklan Pop-up atau iklan apa saja hadir ketika kamu tidak membuka aplikasi / tidak melakukan apa-apa, maka iklan tersebut bisa jadi adalah virus malware, contohnya iklan muncul di Homescreen, lockscreen atau membuka aplikasi bawaan ponsel yang biasanya tidak pernah muncul iklan.

5. Kuota Internet Cepat Habis

Yang terahir kuta cepat habis ! Jika smartphone android kamu sedang terkena virus maka bisa dikatakan smartphone kamu telah terinveksi virus yang membuat kuota internet yang kamu miliki cepat habis secara tidak wajar.

Akan tetapi hal ini belum bisa menjamin 100 persen kalau android kamu terkena virus, nah untuk mengeceknya kamu bisa masuk pada Pengaturan > Data usage. dari situ kamu bisa melihat daftar-daftar aplikasi yang paling banyak menyedot kuota. ( Jika aplikasi yang paling menyedot data adalah aplikasi yang sering kamu gunakan, maka itu adalah hal yang wajar )

Tips Dari Agen Ponsel

Jika kamu sedang browsing / membuka aplikasi tertentu, kemudian muncul kesitus yang mencurigakan  atau biasa disebut redirect kamu perlu waspada, karena bisa saja itu malware. Jika kamu terlanjur masuk kedalam aplikasi / web tersebut. Saya sarankan untuk memeriksa kembali daftar seluruh aplikasi yang ada di smartphone kamu.

Nah itulah tanda-tanda smartphone yang terkena virus malware, Selalu berhati-hatilah saat berselancar di dunia maya agar smartphone kamu tidak terkena virus yang bisa merusak smartphone kamu.