Tips Mengatasi Ponsel Android Yang Terkena Air

oleh

Tips Mengatasi Ponsel Android Yang Terkena Air – Saat ini memang sudah ada smartphone canggih yang memiliki fitur tahan air seperti Samsung Galaxy S7, iPhone 7 ataupun Sony Xperia X Series. Namun, faktanya sampai saat ini sebagian besar smartphone masih belum memiliki fitur tahan air tersebut. Mengatasi Ponsel Android Terkena Air

Mengatasi Ponsel Android Terkena Air

Apakah Smartphone kamu juga termasuk dalam jenis yang tak tahan air? Jika mengalami ‘kejadian’ yang tak diinginkan seperti terkena air, Jangan Panik! Ini Kamu harus menyimak informasi berikut ini ya untuk Atasi Smartphone Terkena Air!

Sayu hal yang harus diperhatikan untuk Atasi Smartphone Terkena Air adalah jangan panic apabila kamu tak sengaja menjatuhkan ponselmu kedalam air. Cobalah untuk mengeluarkanya dan tetap tenang ya. Selanjutnya ada beberapa hal yang harus kamu hindari juga dan ada hal yang perlu kamu lakukan untuk memperkecil kerusakan pada ponsel kamu!

Hal yang Tak Boleh Dilakukan Jika Ponsel Kamu Terkena Air !



  1. Jangan hidupkan ponsel
  2. Jangan menekan tombol apapun
  3. Jangan goyangkan atau miringkan ponsel karena hal ini untuk menghindari air menyebar dan masuk ke komponen penting ponsel
  4. Jika belum berpengalaman, jangan langsung bongkar handphone kamu ya. Karena beberapa Smartphone sudah dilengkapi dengan LDI (Liquid Damage Indikator) ang mana jika kita asal memukanya indicator pada LDI ini akan aktif dan membuat anda hangus untuk mendapatkan garansi.
  5. Jangan tiup atau mengipas ari dari bagian atas ponsel.
  6. Hindari mengeringkan ponse dengan barang yang bersifat panas seperti hairdryer atau microwave

Hal Yang Harus dilakukan Jika Ponsel Kamu Masuk/Terkena Air !

  1. Jika Smartphone masih menyala, segera matikan.
  2. Buka dan lepas casingnya lalu keluarkan kartu SIM dan microSD.
  3. Gunakan kain kering, tisu atau benda lain yang dapat menyerap air.
  4. Jika serangan air sudah parah, kamu bisa menggunakan vacuum untuk menyedot air yang terjebak di celah-celah sempit bagian dalam. Pastikan kalian melakukannya dengan hati-hati dan pastikan juga kalian dapat menjangkau bagian kecil seperti slot microSD, kartu SIM dan juga baterai.
  5. Gunakan Beras. Beras sangat bagus dalam menyerap cairan. Pastikan Smartphone kamu benar-benar tenggelam dalam beras.
  6. Biarkan ponsel benar-benar kering selama 24-48 jam dan jangan tergoda untuk menyalakanya.
  7. Setelah itu keluarkan dari beras dan coba untuk menyalakanya.

Jika tak menyala, coba lakukan proses charge. Jika masih juga belum menyala, ada kemungkinan jika baterai rusak dan harus segera dibawa ke reparasi professional.

Baca Juga Tips Keren Lainya :

Demikian artikel kali ini, Semoga teman-teman tak pernah mengalami hal seperti ini, Karena hanya akan merugikan diri kita sendiri dan menguntungkan pihak konter/reparasi Hehe. Terimakasih Telah membaca artikel Tips Mengatasi Ponsel Android Yang Terkena Air